Thursday, January 3, 2013

Banjir... ohhh banjir....

habis baca postingan lita tentang banjir, akhirnya gue pun terinspirasi untuk menulis judul yang serupa tapi tak sama isinya ini :))

jadi sekitar 10 hari yang lalu, ato tepatnya sabtu tanggal 22 desember 2012, jakarta dikepung banjir... sebetulnya bukan hal yang baru ya bagi Jakarta untuk dikepung banjir. apalagi sekarang ada istilah "banjir 5 tahunan" entah siapa yang pake istilah itu untuk pertama kalinya :)

yang bikin heboh adalah karena banjir yang kemaren itu katanya sempet "mampir" ke dalam mall besar. kalo gak salah mall taman anggrek, sama plasa semanggi ya. bahkan curah hujan yang diklaim lumayan besar itu sempat membuat atap salah satu mall termahal di Jakarta jadi retak *baca di akun twitternya @kartupos* dan juga disinyalir banjir tersebut sempet juga "mampir" ke salah satu daerah elit Jakarta yang konon katanya daerah bebas banjir... kalo gue boleh bilang berarti kali ini banjirnya merata ya. yang seumur-umur belum kebanjiran akhirnya harus ngerasain gimana rasanya banjir-banjiran :))

nah yang bikin lucu adalah komen segelintir orang mengenai banjir tersebut. mereka menyebut banjir tersebut menyerang daerah mereka karena gubernurnya adalah Jokowi. hoahahahaha.... gue ngakak berat :)) ini adalah berita paling lucu tentang banjir

hellow.... sebelum Jokowi jadi gubernur emangnya jakarta gak pernah kebanjiran ya?!? banjir besar ala 5 tahunan itu udah dimulai dari tahun 2002 loh. 10 tahun yang lalu sebelum Jokowi memimpin Jakarta. wong gue inget banget kok salah satu headlines koran ibukota tahun 2002 adalah Jakarta Lumpuh Nasional. gue inget harus pulang cepet dari kantor karena banjir gede dimana-mana. udah gitu ngejar bis susah karena bis-bis gede pada takut lewat.

lagian kok bisa sih banjir kemaren nyalahin gubernurnya? emang gubernurnya yang bikin banjir apa? ato gubernurnya sengaja buang-buang air kali ciliwung gitu? okeh, daripada gue esmosi jiwa nulisnya, mending kita urutin satu-satu yuk apa penyebabnya :)

pertama adalah curah hujan yang tinggi di daerah bogor dan jakarta. udah pada tau kan kalo bogor hujan gede trus debit air bendungan katulampa meningkat, bukan gak mungkin bogor akan mengirim air ke kali ciliwung. nah kalo ciliwungnya meluap, berarti jakarta kebanjiran. nah yang kedua adalah curah hujan yang tinggi mengakibatkan air mengalir ke gorong-gorong penampungan. nah kalo gorong-gorong udah overload, yang ada air hujan tidak bisa ditampung dan jadi genangan air. nah genangan air ini yang lambat laun jadi banjir... oke, udah ngerti ya analoginya

lagipula kan banjir jakarta itu udah setiap tahun, kenapa pada ngomel sik? iya, gue nulis ini karena gue juga ngalamin yang namanya rumah kebanjiran. kebayang malem-malem ngepel, harus angkut-angkut barang, harus mindahin mobil ke tempat yang tinggi, dsb. gue pun kemaren hampir aja kebanjiran. kejadiannya tanggal 23 desember 2012 kemaren, 1 hari setelah jakarta kebanjiran. ceritanya depok dan sekitarnya *termasuk rumah gue* hujan deras. nah gak berapa lama hujan, debit air kali depan rumah tinggi. ternyata oh ternyata bogor juga hujan deras. jadi ya no wonder lah. dan benar saja lama kelamaan air kali meluap dan tumpah ke jalan.

foto diambil dari dalem garasi rumah gue. kali yang meluap cuma dibatasin sama tong sampah tuh...

                               

pas hujannya udah berhenti, ternyata tidak membuat genangan air jadi surut. tapi malah membuat genangan air semakin tinggi. yang pada akhirnya masuk ke garasi rumah gue. ternyata penyebabnya adalah : ada tanggul yang bocor! horeeeeeeee.......



foto diambil dari depan pintu masuk rumah... kebayang kan kayak apa paniknya. dikit lagi itu banjir pasti dengan bebasnya masuk rumah. ngeliat kondisi kayak gini, langsung gue sama hubby gotong-gotong sofa ke kamar belakang yang agak tinggi. trus lemari anak-anak plus stok susu dan diapers diangkut ke kamar atas, ngelipetin karpet, mindahin vacuum cleaner ke kamar belakang. alhamdulillah, banjir gak sampe masuk. itu banjir cuma "stay" depan pintu aja sampe akhirnya surut besok paginya.

untuk masalah banjir, sebenernya gue udah rada khatam ya. ya gimana nggak, udah 7 tahun tinggal di bukit cengkeh gue udah kena sekitar 10 kali. yang namanya barang rusak, udah gak kehitung. foto-foto nikahan, buku cerita koleksi 1 kontainer, motor turun mesin, home theatre. tapi tetep alhamdulillah karena kita masih diberi rezeki untuk memperbaiki dan membeli barang-barang lain, juga rezeki untuk renovasi rumah jadi tingkat. jadi kalo misalnya banjir lagi tinggal ke lantai 2 maksudnya :D hahahaha

jadi yang kemaren sempet kebanjiran, please jangan nyalahin gubernurnya ya... buktinya gubernur yang katanya tukang insinyur dari jerman pun juga gak bisa menyelesaikan persoalan banjir kan :)

disclaimer : tulisan ini dibuat bukan karena gue simpatisan ato tim suksesnya Jokowi ya... gue cuma kagum sama beliau, that's all... karena waktu pilkada DKI kemaren kan gue gak ikutan. KTP gue beda neikk :)) 

kalo inget banjir, jadi inget lagunya alm Benyamin S ...jakarta kebanjiran.... *cari ahh di yutup* nah kan benyamin s aja udah tau dari dulu kalo jakarta kebanjiran :)) *senyum*

No comments:

Post a Comment