Saturday, November 5, 2011

Lebaran Haji

Hari ini tanggal 6 November 2011, semua umat Muslim di seluruh dunia sedang merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. dan kapan tepatnya kita merayakan hari raya idul adha ditandai dengan adanya naik haji, jadi terkadang Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan Lebaran Haji (lebarannya para haji dan hajjah) *maaf ya saya gak tulis disini penjabaran naik haji apa, karena pasti udah pada tau ya*


Lebaran Haji 2007, alhamdulillah kami bisa berqurban. qurban kambing atas nama alm bapak saya, Subakti Sukandar bin Soekandar Saing. Lebaran Haji 2008, kami tidak berqurban :) Lebaran Haji 2009 (sedang hamil naura), kami berqurban sapi atas nama Dharma Aziz Fatih Athalla (Fatih). Lebaran Haji 2010, niatnya ingin berqurban atas nama Naura, tapi apa daya ternyata Naura harus masuk rumah sakit karena panas tinggi, bahkan lebaran pun harus kami lalui di rumah sakit :'( insyaAllah kalau ada rezeki lebih, kita qurban atas nama naura ya sayang.
Lebaran Haji 2011 sebenernya kami ingin sekali berkurban. tapi apa daya, karena kami sekeluarga dan keluarga besar habis tertimpa cobaan. maka kami urungkan niat kami tersebut. kalo kata hubby "tahun ini (2011, maksudnya) kita nggak qurban ya, bun. kita udah korban perasaan soalnya"


untuk masalah qurban sebenernya saya tidak terlalu memusingkan. insyaAllah, kalau kami diksh rezeki berlebih pasti akan qurban :) *ngeles kyk bajay* namun ada satu hal yang benar-benar mengganggu hati saya. jadi begini, kami (saya+hubby) sebenernya sudah mempersiapkan satu tabungan haji untuk orangtua (ibu saya). insyaAllah jumlahnya sudah lebih dari cukup. dan insyaAllah ibu saya bisa berangkat, entah tahun ini atau tahun depan.

namun karena satu dan lain hal (hal yang dimaksud disini adalah renovasi rumah), kami terpaksa harus mengambil uang tabungan haji milik ibu saya demi meneruskan kelangsungan proyek renovasi rumah. tatkala harus mengambil keputusan tersebut, jelas saya sedih, marah, kesal campur aduk jadi satu :'( kenapa tidak, karena ada "seseorang yang tidak profesional", kami semua kena imbasnya. selain itu, memang sudah lama sekali ibu saya kepingin naik haji. dan mumpung ibu saya masih sehat, alhamdulillah, makanya saya ingin sekali memenuhi keinginan tersebut. memang benar kata pepatah "manusia hanya bisa berusaha tapi Allah SWT yang menentukan segalanya" saya paham sekali hanya orang-orang yang memenuhi panggilan Allah yang bisa berangkat naik haji. dan belajar dari cobaan ini, saya juga langsung paham bahwa mungkin ibu saya belum termasuk dalam orang-orang pilihan Allah. semoga pada saatnya uang itu sudah terkumpul kembali, pas ketika ibu saya terpilih untuk dapat memenuhi panggilan Allah SWT ke tanah suci. aamiin


disclaimer : kalau anda membaca blog saya ini, yang saya maksud dengan "seseorang tidak profesional" itu memang anda ya. jadi disini saya menyalahkan anda karena sudah membuat ibu saya tidak bisa pergi haji!!!


No comments:

Post a Comment